Cara Memohon Petunjuk (SHOLAT ISTIKHORO)

Ilustrasi

Islam memberikan solusi dalam setiap gerak langkah kehidupan manusia, sehingga manusia tidak salah arah dalam mengambil sebuah keputusan. Salah satu cara yang Islam berikan dalam menuntaskan setiap problema kehidupannya adalah dengan melaksanakan Sholat Istikhori.

Istikhoro adalah Salah satu ibadah yang di sunnahkan dalam Islam, dengan maksud memohon petunjuk dalam menentukan pilihan. Waktu terbaik dalam melaksanakan ibadah ini adalah saat waktu lapang, tidak ada aktifitas lain. 

Kapan waktunya?
Saat tengah malam, ketika suasa sedang lengan atau dalam keadaan sunyi, kita tidak kekantor, tidak keladang, kesawah, kepasar dan lain lain disanalah waktu paling tepatnya. 

Sholat ini dilaksanakan dengan dua Rakaat, sebagaimana sholat sholat sunah lainnya. Meskipun tidak ada ketentuan waktu pelaksanaannya, namun lebih dianjurkan pada tengah malam. Hal ini bertujuan agar kita lebih khusu' dalam menyampaikan hajat atau keinginan bagi sang kholik. 

Perbedaan mendasar dalam pelaksanaan sholat ini, hanya pada niat sholatnya. Sedangkan tata cara, syarat, dan rukunnya tidak ada perbedaan sama sekali.
"Usholli sunnatan Istikhoro, Rok'ataini Lillahi taala" اصلى سنة الاستخارة ركعتين لله تعال

"Ya Allah, Kami memohon kebaikan dalam urusan dengan ilmumu, kami memohon kepastian dengan kudrat dan iradatmu.
Jika itu baik bagi kami dalam agama dan kehidupan mudahkan untuk kami, jika buruk jauhkan dari kami. tetapkanlah kebaikan untukku dimana saja berada. engkau maha kuasa atas segala perkara"

Demikian Islam mengajarkan kepada pemeluknya dalam setiap aktifitasnya. Tanpa harus menjatuhkan, merendahkan apalagi caci maki. Islam membawa Kedamaian bukan perpecahan. Segala sesuatu tidak terlepas dari pengawasannya maka wajar dan pantas berserah diri padanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mulak Tondi Tu Badan

Cerita Rakyat "BORU AGIAN NA MATE MALUNGUN"

Kepemimpinan Rasulullah Dalam Pendidikan