Ulama Kharismtik Dari Paluta

Ulama Kharismatik dari Tanah Paluta ini, sudah melanglang buana kebeberapa negara dikawasan Asia Tenggara. 

Aya Usman, begitulah masyarakat sekitar pesantren tersebut memanggil beliau. Sosok ulama yang sederhana dan tawadhuk, sehingga beliau cukup disegani dikawasan Sumatera Utara. Kepiawaian beliau dalam Ilmu falak menjadikan nama beliau tersohor di negeri jiran Malaysia, Thailand dan Vietnam. 

Setiap bulan Ramadhan, para santri dari berbagai pesantren di kawasan Sumatera Utara berdatangan untuk menimba ilmu beliau. Mustafawiyah Purba Baru, saban tahun selalu mendelegasikan santri santrinya belajar kepada Tuan Syekh Ini. 

Usman Ahmad begitu ayahanda beliau memberikan nama, lahir dan besar dilingkungan pesantren menjadikan beliau tumbuh dan berkembang menjadi sosok pengganti Ayahanda Beliau Syekh Ahmad Daud Annaqsyabandi atau yang lebih dikenal dengan nama Tuan Nabundong. 

Nabundong adalah sebutan untuk kawasan hutan di daerah Kabupaten Padang Lawas Utara. Sekaligus nama sungai yang mengalir dilembah hutan Nabundong,  juga menjadi tempat mandi para santri. Syekh Ahmad Daud Annaqsyabandy, begitulah beliau memberikan nama untuk pesantren yang didirikannya tahun 1985. Mengambil nama dari nama ayahanda beliau, yang cukup disegani dimasanya. 

Beliau hijrah dari pesantren yang dibangun Ayahnya Syekh Ahmad Daud yakni pesantren Darul Ulum Nabundong. Yang kini diteruskan oleh cucu syekh Ahmad Daud. Berlokasi tempat di desa Gunung Tua Julu Kecamatan Batang Onang Paluta. 

Pondok Pesantren Syekh Ahmad Daud Annaqsyabandi Berjarak sekitar -+2 km, dari pesantren ayahanda beliu. Pesantren yang sangat cocok untuk tempat menimba ilmu ilmu agama, dikarenakan lokasinya yang cukup jauh dari pemukiman penduduk. Dan juga berada diantara lembah dua bukit, dua sungai. Untuk kisah lebih panjang mengenai kehidupan santrinya, anda bisa membaca dalam buku ini. Yang ditulis oleh salh seorang santri angkatan ke XI Edi Sutan Pasaribu asal dari Sosa. 

Selain ilmu falakiyah dan Hisabiyah, Syekh Usman Ahmad juga sangat paham dengan ilmu ilmu alat. Nahu, soraf, mantik, bayan, balaghah, faraid. Tauhid Dan sebagainya. Sehingga dikawasan Tapanuli bagian selatan. Beliau banyak meloloskan ahli ahli agama yang cukup dikenal dimasyarakatnya masing masing. 

Dikalangan Nahdiyin, beliau cukup disegani di Sumatera Utara. Beliau selalu hadir disetiap acara PKPNU, disekitaran Tapanuli bagian selatan sebagai pemateri utama. Namun beliau tidak tertarik dengan jabatan struktural sehingga beliau tidak begitu mencolok dengan dunia struktur NU. 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mulak Tondi Tu Badan

Cerita Rakyat "BORU AGIAN NA MATE MALUNGUN"

Kepemimpinan Rasulullah Dalam Pendidikan