APA?

Dua aplikasi media sosial saat ini yang paling trend, Tweeter dan Facebook. Mungkin anda memiliki salah satunya, atau kedua duanya. Kami sendiri memiliki dua duanya, meskipun tidak trending dan juga viral seperti miliknya HAERES. Yang menuliskan namanya saja membuat akun ditegur. 

Siang ini saya coba membuka kedua aplikasi ini, sekedar lihat info terbaru dan juga perkembangan terbaru saat ini. Meskipun kita bukan pengamat, intelegen, atau jurnalis yang selalu berburu berita. Setidaknya kita tahulah sedikit info terbaru, agar tidak termakan hoaks dan provokasi. 

Sangat mengejutkan, ketika kita buka Tweeter, Facebook. Maka kalimat pertama yang kita temukan dalam kedua aplikasi ini adalah sepotong pertanyaan. 

1. Tweeter : 
Apa yang sedang Terjadi? 
Sebuah pertanyaan yang menantang otak untuk mencari informasi tentang kejadian disekitar kita, jika kita perbesar skalanya. 
Apa yang sedang terjadi?
Di rumah kita?
Di kampung kita?
Di kecamatan kita?
Di kabupaten kita?
Di Provinsi kita?
Di Negara kita? 
Bahkan di dunia ini? 
Aplikasi ini ternyata menantang kita untuk berliterasi, mencari referensi, menganalisa. Dan terahir mengambil keputusan terhadap hasil pengamatan kita, untuk menentukan sikap kita kedepannya. 
Selain memicu IQ kita untuk lebih kritis dan terasah, ternyata kalimat yang digunakan ini juga bermakna uji mental psikologi sosial kita. 
2. Facebook
Diplatform ini, juga kita temukan dalam kalimat pembukanya sepotong kalimat, yang juga menantang.
Apa yang sedang anda pikirkan?
Ketika kita sudah mengerti apa yang terjadi, maka langkah selanjutnya adalah apa yang kita pikirkan, dan tindakan sepanjutnya yang perlu kita lakukan. 

Dan pada kesimpulannya, kita dituntut untuk berliterasi sepanjang waktu. Kita dituntut untuk bersosial, menggunakan logika berpikir kita untuk terus menganalisis kehidupan disekitar kita. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mulak Tondi Tu Badan

Cerita Rakyat "BORU AGIAN NA MATE MALUNGUN"

Kepemimpinan Rasulullah Dalam Pendidikan